Senin, 01 Maret 2010

SHOLAT HAJAT: SHOLAT MEMOHON APA SAJA SESUAI KEINGINAN

Berbeda dengan sholat fardhu yang sifatnya wajib untuk setiap muslim, sholat hajat sifatnya sunnah yang dilaksanakan dengan niat untuk memohon apa yang kita inginkan kepada Allah SWT.

Sholat hajat dilaksanakan paling pas pada saat malam hari. Ini sesuai dengan hadis saat Rasulullah SAW ditanya Abuzar al-Ghiffari R.A:“Sholat malam yang mana yang lebih afdol? Rasulullah menjawab: “Di waktu separuh malam atau tengah malam, tetapi sayang amat sedikit orang yang melakukannya”.

Cara sholat sunat hajat sebagai berikut:

1. NIAT:

“AKU SHOLAT SUNAT HAJAT DUA RAKAAT KARENA ALLAH TAALA”

2. TAKBIRATUL IHRAM (BACA ALLAHU AKBAR).

3. MEMBACA AL FATIHAH DAN AYAT KURSI DI RAKAAT PERTAMA. DI RAKAAT KEDUA BACA AL FATIHAH DAN SURAH AL-IKHLAAS.

4. SESUDAH MEMBERI SALAM, SEBELUM BERPINDAH TEMPAT LAKUKAN SUJUD SEKALI SERTA BACA DOA DI BAWAH KEMUDIAN SAMPAIKAN KEINGINAN HAJAT ANDA.

Doa yang di baca sewaktu bersujud di luar sholat yaitu:

“Maha Suci Tuhan yang memakai kemuliaan dan memiliki firman. Maha Suci Tuhan yang memakai kebesaran dan kemurahan. Maha Suci Tuhan yang melipatgandakan bilangan tiap-tiap sesuatu dengan ilmu-Nya. Maha Suci Tuhan yang semua tanpa kecuali bertasbih untukNya. Maha Suci Tuhan yang mempunyai nikmat dan kurnia. Maha Suci Tuhan yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. Maha suci Tuhan yang mempunyai kekuasaan. Aku bermohon kepada Engkau dengan segala tempat kemuliaan dari Arasymu, dengan rahmat yang setinggi-tingginya dari KitabMu, dengan namaMu Yang Maha Agung, kesungguhanMu Yang Maha Tinggi dan Kalimat-Kalimat yang sempurna, lagi melengkapi, yang tidak dilampaui oleh orang yang berbuat kebajikan dan yang berbuat kejahatan. Bahwa Engkau anugerahkan rahmat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar